Senin, 14 November 2011

RENCANA PELAKSANAAN PMBELAJARAN


RENCANA PELAKSANAAN PMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran            : Matematika
Materi                          : Himpunan
Kelas/Semester            : VII/2
Alokasi Waktu            : 1 x 45 menit
Pertemuan ke              : Satu
A.      Standar Kompetensi
Siswa dapat memahami dan dapat melakukan operasi dan menggunakan bentuk dijabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable, dan himpunan dalam memecahkan masalah.

B.       Kompetensi Dasar
Ø  Mengenal himpunan
Ø  Menentukan himpunan dengan diagram Venn

C.      Indikator
Ø  Mengenal pengertian himpunan
Ø  Menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
Ø  Menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan beserta notasinya
Ø  Menyelesikan masalah dengan himpunan
Ø  Mengenal dan dapat menggambarkan dengan menggunakan diagram Venn

D.      Tujuan Pembelajaran Program Pengayaan
Setelah melakukan kegiatan ini diharapkan siswa mampu:
Ø  Mengetahui pengertian himpunan
Ø  Mengetahui masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
Ø  Memahami dan mengerti yang termasuk anggota dan bukan anggota himpunan beserta notasinya
Ø  Dapat menyelesaikan masalah dengan menggunakan himpunan
Ø  Dapat menyatakan himpunan dengan menggunakan diagram Venn

E.       Materi Pembelajaran
1.1 Pengertian Himpunan
Definisi dari himpunan yaitu suatu kumpulan atas koleksi benda atau objek yang terdefinisi dengan jelas, sehingga dapat dibedakan apakah suatu benda atau objek tertentu termasuk dalam himpunan yang dimaksud atau tidak.
Objek yang termasuk dalam suatu himpunan dinamakan anggota himpunan. Kita dapat membedakan keadaan himpunan secar jelas karena:
1. Ada sejumlah benda (kongkret atau abstrak) yang membentuk himpunan
2. Ada objek yang merupakan anggota himpunan itu,dan
3. Ada anggota yang bukan merupakan suatu himpunan.
Ada beberapa cara untuk menyatakan himpunan:
    1. Menuliskan tiap anggota himpunan di antara 2 kurung kurawal.{}
    2. Menuliskan sifat-sifat pada semua anggota himpunan di antara 2 kurung kurawal.
Contoh 1: Diket A adalah himpunan yang menyatakan bola plastik berwarna, dapat dituliskan sebagai :
a. berdasarkan anggotanya: A={merah, hijau, kuning, biru, pink}
b. berdasarkan sifatnya: A={x|x adalah bola plastik berwarna}
Contoh 2: Diket B=himpunan bilangan bulat antara 1 dan 5
a. berdasarkan anggotanya : B={1,2,3,4,5}
b. Berdasarkan sifatnya: B={x|x Є B, 1 ≤ x ≤ 5 }
Himpunan berbeda dengan anggota himpunan {a} ≠ a, {{a}} ≠ {a}.
Jika suatu objek x merupakan anggota suatu himpunan A, maka x Є A, artinya ada pada himpunan A.
Untuk menuliskan jumlah elemen pada suatu himpunan ditulis dengan notasi n(A)=|A|. Misal B={x|x merupakan bilangan prima lebih kecil dari 20}, maka n(B)=8, karena B={2,3,5,7,11,13,17,19}
1.2 Diagram Venn
Istilah Venn diambil dari nama seorang ahli matematika berkebangsaan Inggris bernama John Venn, yang menggambarkan keadaan himpunan-himpunan dengan menggunakan diagram. Dalam diagram Venn suatu himpunan dinyatakan sebagai suatu lingkaran yang diberi nama himpunan tersebut. Jika perlu anggota-anggota himpunan tersebut dinyatakan sebagai titik-titik di dalamnya. dapat digambarkan sbb:

1.3 Himpunan Bagian
Jika A dan B adalah himpunan, dan A adalah himpunan bagian dari B, jika dan hanya jika setiap anggota A adalah merupakan anggota dari B.
1.4 Himpunan Semesta Dan Himpunan Kosong
Himpunan semesta adalah himpunan semua objek yang dibicarakan, diberi simbol S, sedangkan himpunan kosong adalah suatu himpunan yang tidak mempunyai anggota yang diberis simbol Ø atau {}.
Contoh 1 : Buat diagram venn jika
S = { 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 }
A = { 1, 4, 6, 7 }
B = { 2, 4, 5, 8 }

F.       Pendekatan dan Metode pembelajaran
Ø  Pendekatan   : Kontekstual
Ø  Model           : Examples Non Examples (Contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan         dengan kompetensi dasar)
Ø  Metode         : Diskusi, Tanya jawab


Tahap Kegiatan
Kegiatan
Alokasi
Waktu
Kegiatan Awal
1.  Mengkondisikan siswa
2.  Mengecek atau memeriksa kehadiran siswa (Absensi)
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai setelah pembelajaran.
4. Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari dengan materi sebelumnya, yaitu dengan mengajukan beberapa pertanyaan tentang bangun datar persegi (sifat-sifat persegi dan menghitung besaran persegi).



8
Kegiatan Inti
1.  Eksplorasi : Sebagai langkah awal guru bertanya kepada siswa apa yang siswa ketahui tentang himpunan ?apa sebelumnya sudah mengenal dan mendengar kata himpunan?
     Guru memberikan contoh gambar dengan menggunakan media alat bantu dalam mengarahkan siswa yang disebut himpunan itu seperti apa.siswa diberikan kesempatan untuk mendeskripsikan gambar yang guru berikan, sebagai guru kita menampung semua pendapat dari siswa diberikan kesempatan untuk mendiskusikan kepada teman sebangku.

2.  Elaborasi : Sebagai pendidik kita berikan siswa kesempatan untuk menulis dan medefinisikan arti himpunan dengan melihat gambar dan diberikan contoh soal. Dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berfikir dan menyelesaikan masalah yang guru berikan dengan kelompok atau teman sebangkunya.Guru juga bisa dijadikan teman partner kerja dan dapat menghasilkan daya saing dalam belajar antara siswa.memberikan tugas dan, dengan diskusi untuk memunculkan gagasan baru.

3.  Guru memberikan penjelasan atau kesimpualan dari gagasan-gagasan siswa yang telah diutarakan.dan diberi penekanan  tentang pengertian himpunan. Guru juga sebagai narasumber dimana ada salah satu siswa yang bertanya tentang himpunan dan kurang paham akan materi bisa sebagai nara sumber dan bisa juga sebagia fasilitator dalam pproses pembelajaran. Dan juga mampu menjawab pertanyaan dari siswa yang kesulitan dalam memahami materi himpunan.guru memberikan penghargaan kepada siswa yang aktif dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Guru memotivasi siswa yang kurang aktif dalam belajar.


















72
Kegiatan Penutup
1.  Memberikan kesimpulan tentang materi himpunan
2.  Memberikan penilaian yang refleksi
3.  Melaksanakan tindak lanjut pembelajaran dengan pemberian tugas atau latihan yang harus dikerjakan diumah
4.  Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran pada pertemuan selanjutnya.


H.  Alat dan Sumber Pembelajaran
  1. Alat                       :  -  Spidol
-  Infokus
- Papan tulis
  1. Sumber Belajar      :  -  Buku Paket SMP Kelas VII Semester II, yudistira
                                             -  Buku referensi lain
- Lembar kegiatan siswa
I.  Penilaian Pertemuan I
  1. Teknik penilaian          :  Tugas Kelompok, Tanya jawab
  2. Bentuk Instrumen       :  Lembar soal uraian
  3. Contoh Instrumen       :  Lembar kegiatan siswa 1
Soal Uraian:
1. Tulislah setiap himpunan berikut berdasarkan sifatnya!
a. A =
b. G =
2. Gambarlah dengan diagram Venn untu himpunan-himpunan berikut ini
a. S =
b. S =

Kunci Jawaban :
1. a. Diketahui : A =                                             …. ( 2,5 )
        Ditanyakan : Tulislah setiap himpunan berikut berdasarkan sifatnya!                …. ( 2,5 )
        Jawaban : A= {x|x adalah hari-ahri dalm sepekan yang tidak dimulai dengan huruf S} (20)
Skor 25
2. a. Diketahui : S =                                  …. ( 2,5 )
        Ditanyakan : Gambarlah diagram venn nya!                                                      …. (2,5)
Text Box: S    .6
.4    .8
.1    
.10    .9Oval: A
.2           .5
.3           .7        Jawaban :




                                                                                                                                    …. (20)
Skor 25
     b. Diketahui : S =     …. (2,5)
         Ditanyakan : Gambarlah diagram venn nya!                                                     …. (2,5)
S              .1            .4            .6


.9                                            .10                                         
 
        Jawaban :
Oval: .2 B
.3 .8 .8Oval: A
.5   .7                                                           


…. (20)

Skor 25
                Cirebon,    Mei  2010
       Mengetahui,
Guru  Mata Pelajaran                                                                                                     Peneliti

Welly Sabatini                                                                                                         Laela sari M,Pd
NPM 109070103                                                                                      






Tidak ada komentar:

Posting Komentar