RENCANA
PELAKSANAAN PMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran :
Matematika
Materi :
Himpunan
Kelas/Semester :
VII/2
Alokasi Waktu :
1 x 45 menit
Pertemuan ke :
Satu
A.
Standar
Kompetensi
Siswa
dapat memahami dan dapat melakukan operasi dan menggunakan bentuk dijabar,
persamaan dan pertidaksamaan linear satu variable, dan himpunan dalam
memecahkan masalah.
B.
Kompetensi
Dasar
Ø Mengenal
himpunan
Ø Menentukan
himpunan dengan diagram Venn
C.
Indikator
Ø Mengenal
pengertian himpunan
Ø Menyatakan
masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
Ø Menyebutkan
anggota dan bukan anggota himpunan beserta notasinya
Ø Menyelesikan
masalah dengan himpunan
Ø Mengenal
dan dapat menggambarkan dengan menggunakan diagram Venn
D.
Tujuan
Pembelajaran Program Pengayaan
Setelah
melakukan kegiatan ini diharapkan siswa mampu:
Ø Mengetahui
pengertian himpunan
Ø Mengetahui
masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya
Ø Memahami
dan mengerti yang termasuk anggota dan bukan anggota himpunan beserta notasinya
Ø Dapat
menyelesaikan masalah dengan menggunakan himpunan
Ø Dapat
menyatakan himpunan dengan menggunakan diagram Venn
E.
Materi
Pembelajaran
1.1 Pengertian Himpunan
Definisi dari himpunan yaitu suatu kumpulan atas
koleksi benda atau objek yang terdefinisi dengan jelas, sehingga dapat
dibedakan apakah suatu benda atau objek tertentu termasuk dalam himpunan yang
dimaksud atau tidak.
Objek yang termasuk dalam suatu
himpunan dinamakan anggota himpunan. Kita dapat membedakan keadaan himpunan
secar jelas karena:
1. Ada sejumlah benda (kongkret
atau abstrak) yang membentuk himpunan
2. Ada objek yang merupakan
anggota himpunan itu,dan
3. Ada anggota yang bukan
merupakan suatu himpunan.
Ada beberapa cara untuk menyatakan
himpunan:
- Menuliskan tiap anggota himpunan di antara 2 kurung kurawal.{}
- Menuliskan sifat-sifat pada semua anggota himpunan di antara 2 kurung kurawal.
Contoh 1: Diket A adalah himpunan yang
menyatakan bola plastik berwarna, dapat dituliskan sebagai :
a. berdasarkan anggotanya: A={merah, hijau, kuning, biru, pink}
b. berdasarkan sifatnya: A={x|x adalah bola plastik berwarna}
Contoh 2: Diket B=himpunan bilangan
bulat antara 1 dan 5
a. berdasarkan anggotanya :
B={1,2,3,4,5}
b. Berdasarkan sifatnya: B={x|x Є B, 1
≤ x ≤ 5 }
Himpunan berbeda dengan anggota
himpunan {a} ≠ a, {{a}} ≠ {a}.
Jika suatu objek x merupakan anggota
suatu himpunan A, maka x Є A, artinya ada pada himpunan A.
Untuk menuliskan jumlah elemen pada
suatu himpunan ditulis dengan notasi n(A)=|A|. Misal B={x|x merupakan bilangan
prima lebih kecil dari 20}, maka n(B)=8, karena B={2,3,5,7,11,13,17,19}
1.2 Diagram Venn
Istilah Venn diambil dari nama seorang
ahli matematika berkebangsaan Inggris bernama John Venn, yang menggambarkan
keadaan himpunan-himpunan dengan menggunakan diagram. Dalam diagram Venn suatu
himpunan dinyatakan sebagai suatu lingkaran yang diberi nama himpunan tersebut.
Jika perlu anggota-anggota himpunan tersebut dinyatakan sebagai titik-titik di
dalamnya. dapat digambarkan sbb:
1.3 Himpunan Bagian
Jika A dan B adalah himpunan, dan A
adalah himpunan bagian dari B, jika dan hanya jika setiap anggota A adalah
merupakan anggota dari B.
1.4 Himpunan Semesta Dan Himpunan Kosong
Himpunan semesta adalah himpunan semua
objek yang dibicarakan, diberi simbol S, sedangkan himpunan kosong adalah suatu
himpunan yang tidak mempunyai anggota yang diberis simbol Ø atau {}.
Contoh
1 : Buat diagram venn jika
S
= { 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8 }
A = { 1, 4, 6, 7 }
B = { 2, 4, 5, 8 }
A = { 1, 4, 6, 7 }
B = { 2, 4, 5, 8 }
F.
Pendekatan
dan Metode pembelajaran
Ø Pendekatan : Kontekstual
Ø Model : Examples Non Examples (Contoh dapat dari kasus/gambar yang relevan dengan kompetensi dasar)
Ø Metode : Diskusi, Tanya jawab
Tahap Kegiatan
|
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Kegiatan
Awal
|
1. Mengkondisikan siswa
2.
Mengecek atau memeriksa kehadiran siswa (Absensi)
3. Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang
ingin dicapai setelah pembelajaran.
4. Guru mengaitkan materi yang akan dipelajari
dengan materi sebelumnya, yaitu dengan mengajukan beberapa pertanyaan tentang
bangun datar persegi (sifat-sifat persegi dan menghitung besaran persegi).
|
8
|
Kegiatan Inti
|
1. Eksplorasi : Sebagai langkah awal guru
bertanya kepada siswa apa yang siswa ketahui tentang himpunan ?apa sebelumnya
sudah mengenal dan mendengar kata himpunan?
Guru memberikan contoh gambar dengan menggunakan media alat bantu
dalam mengarahkan siswa yang disebut himpunan itu seperti apa.siswa diberikan
kesempatan untuk mendeskripsikan gambar yang guru berikan, sebagai guru kita
menampung semua pendapat dari siswa diberikan kesempatan untuk mendiskusikan
kepada teman sebangku.
2.
Elaborasi : Sebagai pendidik kita berikan siswa kesempatan untuk
menulis dan medefinisikan arti himpunan dengan melihat gambar dan diberikan
contoh soal. Dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk berfikir dan
menyelesaikan masalah yang guru berikan dengan kelompok atau teman
sebangkunya.Guru juga bisa dijadikan teman partner kerja dan dapat
menghasilkan daya saing dalam belajar antara siswa.memberikan tugas dan,
dengan diskusi untuk memunculkan gagasan baru.
3.
Guru memberikan penjelasan atau kesimpualan dari gagasan-gagasan siswa
yang telah diutarakan.dan diberi penekanan
tentang pengertian himpunan. Guru juga sebagai narasumber dimana ada
salah satu siswa yang bertanya tentang himpunan dan kurang paham akan materi
bisa sebagai nara sumber dan bisa juga sebagia fasilitator dalam pproses
pembelajaran. Dan juga mampu menjawab pertanyaan dari siswa yang kesulitan
dalam memahami materi himpunan.guru memberikan penghargaan kepada siswa yang
aktif dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Guru memotivasi siswa
yang kurang aktif dalam belajar.
|
72
|
Kegiatan
Penutup
|
1.
Memberikan kesimpulan tentang materi himpunan
2.
Memberikan penilaian yang refleksi
3.
Melaksanakan tindak lanjut pembelajaran dengan pemberian tugas atau
latihan yang harus dikerjakan diumah
4. Menyampaikan rencana kegiatan pembelajaran
pada pertemuan selanjutnya.
|
|
H. Alat dan Sumber Pembelajaran
- Alat : - Spidol
- Infokus
-
Papan tulis
- Sumber Belajar : - Buku Paket SMP Kelas VII Semester II, yudistira
- Buku referensi lain
-
Lembar kegiatan siswa
I. Penilaian Pertemuan I
- Teknik penilaian : Tugas Kelompok, Tanya jawab
- Bentuk Instrumen : Lembar soal uraian
- Contoh Instrumen : Lembar kegiatan siswa 1
Soal
Uraian:
1.
Tulislah setiap himpunan berikut berdasarkan sifatnya!
a. A =
b. G =
2. Gambarlah dengan diagram Venn untu
himpunan-himpunan berikut ini
a. S =
b. S =
Kunci
Jawaban :
1. a.
Diketahui : A = …. ( 2,5 )
Ditanyakan : Tulislah setiap himpunan berikut berdasarkan sifatnya! …. ( 2,5 )
Jawaban : A= {x|x adalah hari-ahri dalm sepekan yang tidak dimulai
dengan huruf S} (20)
Skor 25
2. a. Diketahui : S = ….
( 2,5 )
Ditanyakan : Gambarlah diagram venn nya! ….
(2,5)
Jawaban :
….
(20)
Skor
25
b. Diketahui : S
= …. (2,5)
Ditanyakan :
Gambarlah diagram venn nya! ….
(2,5)
|
…. (20)
Skor 25
Cirebon,
Mei 2010
Mengetahui,
Guru Mata Pelajaran Peneliti
Welly Sabatini Laela sari M,Pd
NPM 109070103
Tidak ada komentar:
Posting Komentar